Jumat, 19 Juli 2019

By Admin

Bukan Hanya Faktor Usia, 5 Aktivitas Ini Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran


Semakin bertambahnya usia seseorang maka akan makin berkurang fungsi pendengarannya adalah hal yang lumrah terjadi. Namun gangguan pendengaran bisa saja disebabkan faktor yang lain, sehingga tidak jarang dari segi usia masih relatif muda, pendengarannya sudah terganggu.

Ada beberapa aktivitas Anda yang bisa berpotensi menimbulkan gangguan pendengaran, oleh karenanya Anda perlu hati-hati. Aktivitas apa saja itu?  Berikut info dari situs Web MD dan Health Line  yang dilansit tempo.co :

Menggunakan earphone terlalu lama dan kencang

Organisasi Kesehatan Dunia telah menghimbau masyarakat untuk menyepakati sistem 60:60. Ini berarti, Anda hanya diperbolehkan untuk menggunakan earphone selama 60 menit dengan volume maksimal 60 persen. Sebab menurut berbagai penelitian, apabila dilakukan lebih dari yang telah disarankan, akan berdampak buruk pada kesehatan indera pendengar Anda.

Tidak menggunakan pelindung saat bekerja

Beberapa pekerjaan seperti di industri musik atau manufaktur sangat dianjurkan untuk menggunakan pelindung telinga. Ini dapat berupa headphone atau kapas telinga. Sebab, pekerjaan tersebut sangat rentan merusak pendengaran lantaran suara yang diciptakannya terlalu bising dan mengganggu.

Malas berolahraga

Olahraga sangat berhubungan erat dengan pendengaran. Bagi Anda yang malas berolahraga, kemungkinan untuk obesitas pun tinggi. Dengan demikian, ini akan berpengaruh pada kondisi kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Sayangnya, kedua hal ini bisa mempengaruhi sistem peredaran darah dan aliran darah, yang pada gilirannya dapat merusak pendengaran Anda.

Merokok

Tentu sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Rupanya, salah satunya ialah gangguan pendengaran. Sebab, menurut American Lung Association, satu batang rokok yang terbakar membuat Anda terkena lebih dari 7.000 bahan kimia. Dan beberapa dari bahan kimia ini disebut mampu merusak mekanisme kecil telinga atau saraf yang menafsirkan suara.

Suka minum minuman keras

Mengkonsumsi minuman keras rupanya juga bisa merusak pendengaran Anda. Dalam hal ini, satu gelas anggur memang tidak akan menyebabkan masalah. Namun, tiga hingga empat gelas seharinya lah yang dapat mempengaruhi otak Anda. Dimana dalam hal ini, perubahan di otak juga dapat menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam.
 
 
 

By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :