Selasa, 30 Juli 2019

By Admin

Kurang Tidur Menjadi Gejala Umum di Era Milenial, Ini Tips Agar Tubuh Tetap Segar di Pagi Hari


Tuntutan gaya hidup modern membuat banyak orang kurang mempunyai waktu istirahat. Syarat kesehatan tidur 8 jam sehari rasanya sulit dipenuhi pada kondisi saat ini. Berbagai alasan bisa menjadi penyebabnya. Bukan hanya urusan pekerjaan, di luar itu masih banyak  aktitas lain yang juga dilakukan manusia di zaman modern ini.

Di luar itu, faktor lingkungan juga berpengaruh, seperti cuaca yang terlalu panas atau suara berisik. Alhasil, ketika pagi saat bangun tidur dirasakan tubuh terasa lemas karena jam tidur kurang atau tidak karuan. Padahal sudah ada setumpuk pekerjaan menanti di depan mata. 
 
Beberapa cara bisa Anda lakukan untuk mendapatkan energi segar, sehingga Anda bisa lebih nyaman beraktivitas. Seperti dilansir cnnindonesia, berikut diantaranya :

1. Asupan bergizi

Apa yang Anda makan akan berpengaruh pada tingkat energi yang dimiliki tubuh. Menurut konsultan nutrisi Charlotte Stirling-Reed makanan memberikan energi sehingga penting untuk tidak melewatkan jam makan.

"Makanan seperti bubur, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan bisa membantu meningkatkan energi. Jangan lupa untuk memasukkan banyak sayur dan buah untuk hidrasi ekstra dan meningkatkan asupan vitamin dan mineral," kata Stirling-Reed mengutip dari Huffington Post (24/7)

2. Tetap bergerak
Rasa kantuk dan lelah membuat tubuh malas bergerak. Bahkan untuk ke toilet saja, orang perlu waktu untuk menghimpun tenaga. Namun jika ingin merasa lebih berenergi justru sebaiknya Anda tetap bergerak.

Pada riset di 2012, ahli ilmu keolahragaan jack Groppel menemukan saat karyawan melakukan gerakan kecil sepanjang hari misal berjalan-jalan di kantor atau melakukan peregangan, rasa lesu berkurang.

Selain itu, sebanyak 37 persen karyawan dilaporkan merasakan lebih berenergi di pertengahan hari saat mencoba bergerak atau peregangan.

3. Hidrasi

Dehidrasi mengakibatkan rasa lemas dan turun konsentrasi. Minum teh atau kopi mungkin bisa melawan rasa kantuk tetapi justru ini bisa memperburuk situasi. Minuman berkafein bisa menyebabkan tubuh lebih cepat memproduksi urine sehingga tubuh cepat kekurangan cairan.

Alternatif lain mungkin minuman berenergi. Minuman ini bisa meningkatkan energi dalam waktu singkat tetapi acap kali minuman banyak mengandung gula, tinggi kalori dan berkontribusi pada kerusakan gigi. Minuman terbaik yang bisa Anda konsumsi tak lain adalah air putih.

4. Ambil waktu istirahat

Riset pada 2011 dari University of Illnois menemukan istirahat dari pekerjaan atau tugas-tugas bisa membantu meningkatkan produktivitas sepanjang sisa hari. Jadi saat Anda merasa lelah atau lemas, ambil jam makan siang untuk istirahat, berjalan-jalan keluar kantor untuk menghirup udara bebas. 



By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :