Rabu, 07 Agustus 2019

By Admin

Sebelum Maju Interview Kerja, Lakukan 10 Hal Sepele ini Agar Kamu Lebih Siap


Interview biasanya merupakan tahapan akhir dari seleksi penerimaan pegawai. Bagi kamu yang lolos sampai tahap ini punya harapan besar bisa diterima sebagai pegawai baru, oleh karenanya sayang kalau kamu tidak mempersiapkan diri baik-baik. Biasanya, merasa gugup sebelum interview memang wajar, namun kamu bisa melakukan sejumlah hal untuk merasa lebih tenang sekaligus bersiap-siap. 

Seperti dilansir wolipop.detik.com, berikut 10 hal yang bisa dilakukan 15 menit sebelum interview kerja, menurut strategis branding profesional, Deborah Shane :

1. Minum

Anda mungkin merasa gugup dan tidak tenang di menit-menit sebelum melakukan wawancara kerja. Karena itu, coba relakskan diri dengan menarik napas lalu minum air putih. Tapi jangan terlalu banyak sehingga tidak harus ke kamar mandi di saat yang tidak tepat.

2. Pikirkan Pertanyaan

Saat wawancara kerja, pelamar biasanya akan mempersiapkan sejumlah pertanyaan terkait perusahaan atau tugas kepada calon bos atau HRD. Selain demi mengenal penawaran kerja lebih baik, Anda juga bisa menggunakannya untuk mempertimbangkan ulang apakah akan menerimanya. Tak jarang, banyak bertanya juga membuat nilai pelamar lebih tinggi di mata calon atasan.

3. Jangan Riset Lagi

Adalah sebuah keharusan untuk mengetahui banyak hal terkait perusahaan dan profesi sebelum wawancara. Tapi menurut pakar, hal ini jangan dilakukan lagi sesaat sebelum interview dimulai. Dikatakan jika itu bisa berisiko membuat Anda salah mengintrepretasi.

4. Jangan Cek Handphone

Selain itu, diharapkan untuk fokus pada interview dan tidak terlalu sering mengecek handphone. Ditakutkan jika hal tersebut akan membuat konsentrasi buyar dan pikiran Anda terfokus pada hal-hal lain yang kurang penting.

5. Berhenti Latihan

 
Penting untuk latihan memperkenalkan diri atau menjawab pertanyaan sebelum wawancara kerja. Tapi 15 menit sebelum jadwal interview, sebaiknya hal itu berhenti dilakukan. Menurut Deborah, terlalu banyak latihan bisa membuat Anda terlalu kaku sedangkan wawancara kerja seharusnya berjalan seperti percakapan.

6. Tata Tas

Disarankan pula untuk menata barang-barang dalam tas. Karena saat calon atasan meminta untuk mengeluarkan sesuatu dari tas, diharapkan jika Anda tidak tiba-tiba membuat isinya terlihat berserakan. Pastikan pula jika dokumen penting yang sekiranya diperlukan akan mudah diambil jika diminta.

7. Lihat Cermin

Anda pasti sudah memilih pakaian terbaik dan berdandan sepantasnya. Tapi sebelum masuk ke ruangan wawancara untuk bertemu calon bos, sebaiknya cek di cermin sekali lagi. Pastikan jika busana sudah rapi, begitu juga dengan tatanan rambut atau makeup.

8. Ramah dengan Orang Sekitar

Manfaatkanlah waktu yang tersisa untuk mengobrol dengan orang sekitar. Jika tidak ada kandidat lain bersama Anda, mengajak bicara resepsionis atau sekuriti juga disarankan. Selain bisa memberi kesan yang baik, Anda dapat mengenal perusahaan lebih baik.

9. Fokus Pada Postur

Deborah menganjurkan agar Anda duduk dengan postur yang baik seolah Anda adalah orang penting. Dengan begitu, Anda bisa merasa lebih percaya diri ketika berhadapan dengan pewawancara.

10. Berpikir Positif

Terakhir, pikirkanlah hal-hal positif dan menyenangkan yang membuat Anda tersenyum dan bahagia. Hal tersebut akan membuat pikiran lebih jernih saat diwawancara calon atasan.
 Nah, jangan ragu lakukan tips tersebut, semoga membantumu menghadapi interview.





By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :