Selasa, 19 Mei 2020

By Admin

Belajar Berbagi dari Mas Tirta, Mengalah Demi Temannya Agar Tidak di-PHK




Status Corona sebagai sebuah pandemi belum dicabut oleh badan kesehatan dunia, WHO. Tiap hari, terutama di Indonesia, kasus pasien positif corona masih terus naik angkanya. Belum ada yang tahu kapan wabah ini akan berakhir meskipun semua orang berharap pandemi ini bisa segera terlihat ujungnya.

Dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini bukan hanya di bidang kesehatan, namun juga ekonomi. Perekonomian berbagai negara yang terdampak menjadi terganggu. Pendapatan perusahaan merosot tajam. Ribuan karyawan di PHK, sebagian dirumahkan tanpa pesangon. Dampak ini pula yang dialami oleh Mas Tirta. 


Siapa Sosok Mas Tirta?

Mas Tirta merupakan seorang pemuda yang berasal dari Kampung Belitung Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dia menjadi salah satu orang yang terkena PHK akibat efisiensi pegawai yang dilakukannya oleh tempatnya bekerja.

Pemuda ini sebelumnya bekerja di sebuah restoran. Namun karena pendapatan restoran ini terus menurun, akhirnya pihak pengelola harus melakukan efisiensi. Keputusan ini terbilang berat karena pihak pengelola harus memilih salah satu antara Mas Tirta dan temannya untuk dipertahankan.

Karena dihadapkan pada pilihan tersebut, Mas Tirta dengan besar hati mengajukan diri untuk di-PHK. Mas Tirta mengalah demi temannya. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Menurut Mas Tirta, temannya jauh lebih membutuhkan pekerjaan tersebut karena sudah berkeluarga sedangkan dirinya masih single.

Bukan berarti Mas Tirta tidak membutuhkan pekerjaan itu. Mas Tirta membutuhkan penghasilan untuk membantu kedua orang tuanya. Jika dia kehilangan pekerjaan ini di masa sulit ini, tentu akan menyulitkan dia dan keluarganya. Di tengah keterbatasan hidupnya, Alan masih mau berbaik hati merelakan dirinya untuk di-PHK demi temannya yang lebih membutuhkan. Padahal bisa saja pihak pengelola lebih memilih mempertahankan Mas Tirta daripada temannya.

Setelah berhenti bekerja, Mas Tirta harus mencari cara untuk bisa bertahan hidup. Karena tidak memiliki pekerjaan sebagai sumber penghasilan, dia pun memutuskan untuk menjual kamera kesayangannya kepada seorang teman. Rencananya, uang dari hasil penjualan kameranya itu akan digunakannya sebagai modal usaha.

Mas Tirta banyak mengajarkan kepada kita bahwa di masa tersulit pun, kita masih bisa membantu orang lain yang lebih membutuhkan. Menyadari bahwa temannya lebih membutuhkan pekerjaan sebagai karyawan restoran daripada dirinya, Mas Tirta lebih baik mengalah.

Kehilangan pekerjaan di masa pandemi ini mungkin bukan hanya dirasakan oleh Mas Tirta, namun oleh ribuan orang lainnya. Mereka ini mayoritas adalah orang-orang dari kalangan menengah ke bawah yang membutuhkan pekerjaan itu untuk sekedar bertahan hidup dari hari ke hari. 


Kebaikan untuk Mas Tirta

Kita yang mengikuti perkembangan kasus corona di Indonesia tentu tahu betul kondisi tersebut. Tidak heran jika banyak orang yang terketuk hatinya untuk memberikan sedikit donasi dan bantuan kepada orang-orang yang terdampak corona. Kita pun bisa melakukan hal yang sama.

Kita bisa menolong orang lain dengan menolong diri sendiri dan keluarga terlebih dahulu. Di #AwaliDenganKebaikan kecil yang kita lakukan untuk keluarga, kita bisa berkontribusi besar membantu orang yang membutuhkan seperti Mas Tirta. Salah satu caranya yaitu dengan memiliki Produk Asuransi Syariah dari Allianz.

Sebagai perusahaan Asuransi Syariah Indonesia dengan reputasi terbaik, Allianz tidak sekedar menawarkan produk asuransi biasa. Melalui produk ini, Allianz mengajak kita untuk melindungi keluarga dengan proteksi terbaik sekaligus ikut berkontribusi membantu orang yang membutuhkan lewat program sosial yang dijalankan Allianz.

Nantinya, sebagian dana yang kita setorkan untuk produk asuransi Allianz yang kita miliki akan digunakan sebagai dana menjalankan program sosial tersebut. Kita pun bisa berkontribusi lebih dengan memanfaatkan fitur wakaf yang tersedia. Dengan demikian, semakin banyak orang-orang seperti Mas Tirta yang bisa dibantu. 



By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :